Pengertian Kolam Terpal

Tidak ada komentar

Fleksibel dan efisien adalah salah satu alasan banyaknya pembudidaya ikan air tawar menggunakan kolam terpal sebagai wadah budidayanya.   Mengapa dikatakan fleksibel? Kolam terpal bereda dengan kolam permanen atau kolam yang menggunakan tembok, karena kolam terpal dapat dibangun dimana saja, serta yang membuat kolam terpal sangat fleksibel karena kolam terpal dapat dengan mudah dibongkar-pasang.   Dikatakan efisien karena untuk membuat suatu kolam terpal tidak membutuhkan banyak biaya, hanya cukup membeli terpal, bambu atau kayu sebagai penyangganya, dan perlengkapan lainnya.  Berbeda dengan pembuatan kolam permanen yang boleh dikatakan membutuhkan biaya lebih, apalagi saat ini harga semen sebagai bahan baku utama terus melonjak tajam.

Meski hanya berbahan terpal (palstik) tapi kekuatan kolam terpal sudah teruji, dan tak berlebihan jika dikatakan awet, karena kolam terpal sendiri mampu bertahan 1 – 2 tahun, tergantung kualitas bahan dan perawatan kolam sendiri.  Hal yang merusak kolam biasanya karena terpapar matahari, sehingga terpal menjadi rapu, jika kolam tergenang air maka bisa bertahan lama. Selain itu hal yang perlu diperhatikan adalah gangguan serangga seperti semut merah dan lain sebagainya yang biasanya menggerogoti terpal pada bagian dasar kolam.

Kolam terpal ada berbagai jenis, diantaranya:
1. Kolam terpal di atas tanah
Kolam terpal diatas tanah dibuat atau didirikan di atas tanah, dengan menggunakan kayu atau bambu sebagai pondasi, yang kemudian diselimuti kolam terpal.  

Kolam Terpal di Atas Tanah
 2. Kolam terpal di bawah tanah
Kolam Terpal di Bawah Tanah
Untuk kolam terpal di bawah tanah pada prinsipnya kolam biasa (konvensional) yang sudah jadi baik itu masih sebatas kolam tanah yang digali atau kolam tembok, kemudian dilapisi plastik terpal.

Demikian sedikit informasi tentang kolam terpal, semoga bermanfaat dan menambah wawasan anda.  Untuk teknik pembuatan kolam terpal saya yakin anda pasti bisa.  Namun sebagai referensinya, silahkan baca cara pembuatan kolam terpal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Paling Populer

Kumpulan Kategori