Peluang Usaha Ikan Cupang

1 komentar

Ikan cupang atau yang dikenal dengan ikan betha ini memang sangat populer di kalangan kita, hampir semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa mengenal dan memelihara ikan cupang sebagai salah satu hobby yang menyenangkan. Ini disebabkan salah satunya karena keindahan warna dan bentuk ekor ikan cupang yang enak dilihat, bagi orang dewasa-pun ikan cupang ini tidak kalah menarik karena selain keindahan juga potensi bisnis yang bisa diraih dari ikan cupang ini. Ditambah ikan cupang tergolong ikan yang berdaya tahan kuat dan mudah pemeliharaannya. Ikan cupang mampu bertahan hidup hingga 3-4 hari tanpa diberi makan dan hanya ditempatkan dalam wadah plastik dengan sedikit air dan oksigen.

Ikan cupang banyak ditemui di kawasan asia seperti Indonesia, Thailand, Malaysia dan Brunai. Saat ini +- ada 40 jenis ikan cupang. Indonesia sendiri merupakan salah satu produsen besar ikan cupang di dunia, bahkan Indonesia memiliki ragam ikan cupang yang terbanyak di seluruh dunia. Ikan cupang tergolong ikan yang agresif artinya cenderung mempertahankan wilayahnya, dan saat ikan cupang ini marah “ia” akan semakin tampak indah karena ekornya mekar dan badannya menjadi lebih cerah. Ikan cupang terbagi kedalam tiga kelompok yakni; ikan cupang hias, ikan cupang aduan dan ikan cupang alami.

Menurut Joty Atmadjaja, seorang pensiunan yang tinggal di Jakarta yang kini menikmati “cantiknya” bisnis ikan cupang ini mengatakan bahwa bisnisikan cupang “Ngga akan ada matinya”. Ini karena semua kalangan mulai dari anak-anak hingga orang dewasa menyukai ikan cupang. Dia mengatakan saat ini belum ada standar harga umum, tapi justru itulah enaknya bisnis ikan cupang. Dan menurutnya sangat cepat dalam perhitungan balik modal, karena ikan cupang sudah bisa dipanen setelah berusia 2 bulan. Joty menuturkan harga ikan cupang sangat bervariasi dari ribuan hingga jutaan. Dari pengalamannya dalam bisnis ikan cupang, Joty membagi ikan cupang dalam 3 kategori harga, diantaranya :
  1. Kualitas biasa, berukuran dibawah 4 cm dengan harga dari ribuan hingga puluhan ribu.
  2. Kualitas tinggi, berukuran +- 4,5 cm dengan harga berkisar pada ratusan ribu, dan
  3. Kualitas langka, dengan harga jutaan rupiah per ekornya. Ikan cupang kualitas langka ini banyak terdapat di Kalimantan barat dan Brunai, diantaranya berjenis “betha macrostopa”.
Joty sendiri mengaku lebih banyak menjual ikan cupangdalam kategori kualitas tinggi meski kadang-kadang ia juga mendapat orderan untuk kualitas langka. Setiap bulannya ia mampu menjual rata-rata 1000 hingga 1500 ekor ikan cupang.

1 komentar:

  1. terima kasih banyak mas artikel ikan cupangnya, saya sampai sekarang juga masih belajar ternak ikan cupang untuk menghasilkan strain yang bagus

    BalasHapus

Paling Populer

Kumpulan Kategori