Abon Ikan Lele

1 komentar

Ikan memiliki nilai nutrisi yang baik untuk meningkatkan kesehatan. Selain itu, tingginya nilai DHA dan RNA yang terkandung pada ikan menjadikan ikan menjadi sumber yang baik untuk kecerdasan baik pada anak-anak maupun dewasa. Sehingga banyak di kalangan masyarakat yang menjadikan ikan sebagai alternatif lauk bagi sumber gizi keluarga.

Pengolahan ikan merupakan salah satu kegiatan untuk menjadikan ikan segar menjadi ikan yang siap untuk dikonsumsi. Salah satu produk pengolahan yaitu abon dari ikan lele yang harganya lebih terjangkau dan pada umumnya banyak peminatnya dibanding hanya digoreng saja karena setelah menjadi produk olahan abon, rasanya tidak begitu amis seperti hanya digoreng.

Pengolahan yang dilakukan oleh kelompok ibu-ibu yang terwadahi dengan kelompok “SARI MANDIRI” menjadikan nilai positif disela-sela kegiatan waktu luangnya. Sehingga dengan pengolahan abon lele dapat menjadikan sebagai penghasilan tambahan bagi keluarga dan diharapkan dapat meningkatkan tingkat kesejahteraan ibu-ibu khususnya di Dusun Singkup Desa Ciherang Kecamatan Sumedang Selatan Kabupaten Sumedang, serta menjadi tauladan bagi masyarakat Kabupaten Sumedang pada umumnya.

Bahan baku yang digunakan berupa ikan lele segar dengan ukuran relative lebih besar yaitu berkisar 1 – 2 ekor per kilogram. Hal ini dimaksudkan supaya daging yang diperoleh lebih banyak dengan tekstur yang cocok untuk membuat abon lele.  Sumber bahan baku diperoleh dari para pembudidaya ikan lele yang ada di sekitar tempat produksi kelompok SARI MANDIRI.  Memanfaatkan induk apkir dan ikan konsumsi yang berukuran besar.

Jika Anda berminat, silahkan bisa order melalui KONTAK.  Nanti akan admin sampaikan daftar harga dan cara pemesanannya... :)

1 komentar:

  1. sebetulnya banyak inspirator yang mau mencoba untuk merintis usahanya diantaranya produk Abon Ikan Lele .
    Sebenarnya kendala paling utama adalah pemasaran banyak UKM yang mengutamakan Pengajuan Bantuan Modal ke Dinas terkait dan setelah mendapatkan bantuan bahan baku dan peralatan sekarang bingung untuk pemasarannya.
    semoga Dinas terkait ikut serta membantu pemasaran/promosi produk UKM sehingga akan banyak UKM yg menuju ke arah Industri dan menciptakan lapangan pekerjaan.
    jangan sungkan mampir ke gubug saya di http://winnyabon.com/ semoga menjadi inspiratif

    BalasHapus

Paling Populer

Kumpulan Kategori